4 Strategi Hemat Disaat Liburan Tiba

Liburan memerlukan banyak perencanaan seperti daftar keinginan, daftar belanja, daftar oleh-oleh dan banyak lagi. Tapi hal pertama yang perlu dilakukan adalah memutuskan berapa banyak uang yang  mampu dibelanjakan pada liburan tahun ini. Mari kita luangkan waktu untuk memikirkan kembali makna pemberian hadiah dan mempertimbangkan beberapa cara kreatif untuk mengekang pengeluaran liburan dan membuat liburan tanpa stres untuk anda dan keluarga.

Strategi # 1: Hindari Membeli Hadiah Dengan Menggunakan Kartu Kredit

Menghemat anggaran liburan dengan mengggunakan uang yang ada dalam rekening bank anda. Ini berarti tidak menggunakan kartu kredit untuk membeli hadiah! Bila anda membeli hadiah Rp.300 Ribu dengan kartu kredit, pada dasarnya anda mengatakan kepada perusahaan kartu kredit bahwa anda akan membayar mereka kembali untuk pinjaman Rp.300 Ribu, plus tambahan 3% atau lebih untuk bunga setiap bulan  sampai pinjaman lunas. Itu berarti bahwa kecuali jika anda dapat melunasi saldo kartu kredit secara penuh saat tagihan berikutnya datang, anda masih bisa membayar pembelian Rp.300 Ribu tersebut selama tiga puluh tahun dari sekarang!

Strategi # 2: Periksa Niat

Apa gunanya pemberian oleh oleh? Apakah untuk membalas jumlah uang yang diberikan kepada kita atau yang kita anggap diberikan kepada kita di masa depan? Tidak! Intinya adalah untuk mengetahui pengaruh positif yang orang lain pada hidup anda. “Terima kasih” dan “Aku menyayangimu” adalah frase yang tidak datang dengan jumlah rupiah yang menyertainya, jadi jangan biarkan diri anda terperangkap dalam menghabiskan uang untuk hadiah atau oleh-oleh melebihi dari yang anda mampu.

Liburan Belanja Strategi # 3: Atur Pengeluaran Anda

Menghabiskan lebih sedikit uang dengan menggunakan Lembar Kerja Perencanaan Liburan untuk melacak semua hadiah yang ingin dibeli dan mencatat jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk setiap orang. Alat sederhana ini dapat membantu anda tetap dalam anggaran pengeluaran dan benar-benar menikmati liburan.

Liburan Belanja Strategi # 4: Beli Hadiah Umum

Jika anggaran terbatas, pertimbangkan untuk membuat hadiah untuk semua orang di daftar anda. Ini bisa menjadi proyek yang menyenangkan untuk anak-anak dan itu benar-benar dapat membantu anda menghabiskan lebih sedikit uang selama liburan. Hadiah buatan sendiri seperti roti, kue, permen yang lezat merupakan cara bijaksana untuk menyampaikan “Terima kasih” atau membiarkan orang tahu betapa istimewanya mereka di mata anda.

Menjadi kreatif dan menjaga pikiran terfokus pada arti sebenarnya dari pemberian hadiah akan membantu menjaga budaya “memberi lebih banyak daripada menerima”. Perlu diingat juga bahwa upaya menghemat pengeluaran selama liburan sekarang akan memberi kemungkinan memiliki lebih banyak uang tunai untuk tahun mendatang. Dan itulah hadiah liburan terbaik untuk diri sendiri dan anak-anak anda.

Leave a Comment