Melatih Anak Belajar Menulis

Sekitar usia 3 atau 4 tahun, anak mulai dapat berlatih menulis, termasuk menyusun beberapa huruf menjadi sebuah kata yang dikenal. Bunda bisa memperhatikan si kecil yang cenderung menulis huruf huruf dari namanya. Hal ini disebabkan anak memulainya dari menulis huruf yang ia sukai sebelum mereka belajar bagaimana untuk menyusunnya menjadi sebuah kata atau kalimat.

 

Ketika anak berlatih membaca berulang ulang dan menambah pemahamannya mengenai kata, mereka mulai mengerti bagaimana mengelompokkan huruf menjadi beberapa kata. Saat masuk TK sampai kelas satu SD, anak belajar menyusun huruf menjadi beberapa kata dan menggunakan kata tersebut untuk menamai gambar yang ia gambar. Anak seumuran ini biasanya hanya menggunakan huruf kapital dan jarang memberikan spasi antar kata.

Nantinya, dengan giat berlatih dan bimbingan dari sekolah, anak belajar cara menulis dari kiri ke kanan, mengetahui penggunaan huruf kapital dan huruf kecil, faham dalam memberikan spasi antar kata, dan mengerti bagaimana menggunakan ejaan yang benar dengan cepat.

Ketika anak semakin bertambah usia dan berkembang kontrol geraknya, keahlian menulis mereka semakin baik dan rapi. Saat anak masuk kelas 2 sampai kelas 4 SD, mereka belajar menulis tegak bersambung dan akan menerapkan kebiasaan menulis secara otomatis.

Leave a Comment